Targetkan Pendapatan Pajak Rp1,8 Triliun

Setoran pajak dari pelaku usaha dan pekerjanya di Batam terus meningkat. Tahun 2009, Kantor Kantor Pelayanan Pajak Madya Batam mencatat perolehan keseluruhan pajak menembus angka Rp1,6 triliun. Hal ini tidak terlepas dari tingginya kesadaran pekerja dan perusahaan membayar pajak ke negara.

Melihat peluang masih terbukanya penambahan pajak ini, pemerintah pusat melalui dirjen pajak menargetkan akan naiknya setoran pajak di Batam pada tahun 2010 nanti sebesar Rp1,8 triliun.

Demikian disampaikan Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi Kantor Pelayanan Pajak Madya Batam Edy Warno di sela-sela sosialisasi peraturan Dirjen Pajak nomor 32 PJ 2009 tentang Bentuk Formulir SPT di Pacific Hotel, Jodoh,  Kamis (28/10).

Dikatakannya, pada tahun 2009 lalu sedikitnya terdapat 50 ribu pekerja di Batam serta 873 perusahaan yang menyetorkan pajaknya ke negara melalui KP Madya Batam.

”Hampir semua karyawan dan perusahaan taat bayar pajak. Kami bisa bukukan pendapatan hingga Rp1,6 triliun tahun lalu,” ujar Edi Warno.

Staf kantor pajak lainnya Wiji, mengatakan, dana Rp1,6 triliun itu diperoleh dari semua jenis pajak yaitu pajak penghasilan (PPh), PPh badan, PPh 21, PPh 23, PPh pasal 4 ayat 2 dan pajak-pajak lainnya.

Untuk menggenjot angka kenaikan setoran pajak tahun 2010 sebesar Rp1,8 triliun itu, Wiji mengatakan pihaknya terus melakukan sosialisasi bagi wajib pajak terutama SPT masa bagi perusahaan yang ada sesuai peraturan Dirjen Pajak Nomor 32 PJ 2009.

Sejak tahun ini kata dia, SPT masa harus dilaporkan setiap bulannya agar tidak terjadi kekeliruan atau kesalahan pengisian seperti tahun-tahun sebelumnya.

”Perusahaan diwajibkan melaporkan pajaknya setiap bulan. Kecuali pajak orang pribadi yang pelaporannya setahun sekali,” katanya.

Sementara itu kata Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Batam Raja Supri, pengembalian dana dari pajak ke daerah melalui APBD Kota Batam tahun 2009 lalu mencapai Rp57 miliar yang diperuntukan bagi pembangunan daerah ini.  (spt)

29 October 2010Posted in: Pro Bisnis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: