Menkeu Gencar Tarik Pajak Kelas Menengah-Atas

Inilah.com, 15 Oktober 2010
INILAH.COM, Jakarta – Menkeu Agus Martowardojo akan memburu kelas menengah ke atas untuk meningkatkan penerimaan pajak. Sebab kekayaan orang Indonesia saat ini naik menjadi US$1,8 triliun.

“Oh ya, rata-rata benar. Artinya kan banyak orang kaya di Indonesia, tapi ini kan yang terdaftar baru 1.200 (wajib pajak yang masuk KPP High Wealth Individual),” ujar Agus di kantornya, Jumat (15/10).

Dalam laporan hasil riset Credit Suisse Global Wealth terungkap kekayaan orang Indonesia melesat jauh dibanding dengan situasi pada masa krisis 1997 lalu. Komposisi kekayaan orang Indonesia, kata Credit Suisse, mirip dengan India. Sebagian besar atau 90% dari kekayaan mereka berupa aset properti. Rata-rata utang mereka juga relatif sedikit. Diperkirakan sekitar 4,6 juta warga Indonesia memiliki kekayaan lebih dari US$1 miliar.

Dengan adanya laporan tersebut, Agus Marto dan jajarannya akan lebih fokus membidik peningkatan pajak dari wajib pajak orang pribadi terutama pada kaum menengah ke atas. “Jadi pengembangan kita ke depan, kita di kantor pajak kita juga melihat potensi untuk ekstensifikasi dan intensifikasi bagi wajib pajak perorangan,” jelasnya.

Dengan laporan tersebut memberikan peluang peningkatan pajak dapat ditingkatkan lagi. Pihaknya akan cenderung membidik penghasilan kelas menengah dan atas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: