Janji Kejar Pajak Orang Kaya

pnn.com, 16 Oktober 2010

JAKARTA — Menteri Keuangan Agus Martowardojo berjanji akan mengejar kewajiban pajak dari orang-orang kaya di Indonesia. Terlebih lagi setelah mengetahui laporan dari Credit Suisse Global Wealth Report yang baru saja mempublikasikan bahwa kekayaan orang Indonesia meningkat cukup tajam.

Total kekayaan pribadi orang Indonesia dilaporkan melonjak spektakuler hingga lima kali lipat menjadi USD1,8 triliun dalam satu dekade terakhir. Distribusi orang kaya yang memiliki kekayaan sebesar USD100 ribu tercatat sebanyak 2 persen atau 4,6 juta orang, dari total penduduk Indonesia yang berjumlah 233 juta jiwa.

‘’Kalau memang ada laporan tentang besarnya masyarakat Indonesia yang punya penghasilan menengah ke atas seperti tadi, ini akan menjadi satu area yang akan kita dalami dan perbaiki. Kita akan melihat potensi ekstensifikasi dan intensifikasi bagi wajib pajak perorangan ini,” tegas Agus Marto pada wartawan, Jumat (15/10) di kantor Kementrian Keuangan, Jakarta.

Dalam laporan Credit Suisse Global Wealth Report, komposisi kekayaan orang Indonesia hampir sama dengan negara-negara berkembang lainnya di dunia. Indonesia memiliki 25 persen populasi dengan kekayaan kurang dari USD1.000 atau hampir setara dengan proporsi dunia sebesar 26 persen.

Definisi kekayaan yang dimaksud Credit Suisse  adalah aset finansial baik berupa keuangan dan non keuangan (khususnya properti). Dalam studi ini untuk masuk dalam jajaran 10 persen orang kaya dunia, seorang dewasa harus memiliki kekayaan USD72 ribu. Sedangkan, untuk masuk jajaran 1 persen orang kaya dunia, seorang dewasa harus memiliki kekayaan USD588 ribu.

‘’Saya akan pelajari dulu potensi pajak dari mereka ini. Tapi itu tidak susah kok mencarinya. Nanti akan terus kita telusuri untuk menambah pemasukan negara dari sektor pajak,’’ tegas Agus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: