Pemerintah Dorong Pemilik Kapal Bereskan Masalah Pajak

Koran Jakarta, 7 Oktober 2010

JAKARTA — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendorong para pemilik kapal menyelesaikan masalah pajak yang membelitnya. Hal ini agar operasional kapal tidak terganggu.

“Kami mendorong para pemilik kapal bersama Indonesian National Shipowners Association (INSA) menyelesaikan masalah itu. Jika dibiarkan bisa berimbas pada operasional kapal,” ungkap Direktur Lalu Lintas Angkutan Laut Leon Muhammad di Jakarta, Rabu (6/10).

Sebelumnya, Komite Pengawas Perpajakan menemukan 1.000 unit kapal berbendera Indonesia pada Juni lalu belum memiliki Pemberitahuan Impor Barang (PIB) dan Surat Keterangan Bebas Pajak Pertambahan Nilai (SKB PPN).

Ketua Umum INSA Johnson W Sutjipto mengungkapkan saat rapat terakhir organisasinya dengan Ditjen Pajak dan Ditjen Bea Cukai, Kementerian Keuangan, dilakukan 17 September lalu sudah ada jalan keluar untuk menyelesaikan administrasi impor dan perpajakan.

Langkah yang akan dilakukan adalah, seluruh perusahaan pemilik kapal baik anggota INSA maupun yang belum menjadi anggota INSA melaporkan nama perusahaan, nama kapal yang bermasalah, dan penanggung jawab kepada DPP INSA melalui email pajak@insa.or.id.

Selanjutnya, INSA akan memfasilitasi perusahaan tersebut sehingga bisa mendapatkan PIB dan SKB PPN dari Kementerian Keuangan. Johnson menjelaskan Kementerian Keuangan sebenarnya tidak mengutip bea masuk dan pajak untuk kapal niaga dalam negeri.

Namun dengan tarif 0 persen tersebut bukan berarti perusahaan pemilik kapal tidak memiliki kewajiban untuk mengurus PIB dan SKB PPN. Sementara itu, kapasitas galangan kapal lokal untuk mereparasi kapal-kapal dinilai masih terbatas.

Dari sekitar 250 perusahaan galangan kapal, yang benar-benar beroperasi untuk membangun atau reparasi kapal tidak sebesar itu.

“Padahal Indonesia memerlukan 11,95 juta GT kapasitas galangan kapal untuk reperasi dan diperkirakan 10 hingga 20 persen dari kapasitas itu kapal berbendera Merah Putih, terutama kapal di atas 50 ribu DWT,” tandas dia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: