Restoran dan Hotel Hasilkan Rp2 M

Rabu, 18 Agustus 2010 08:41

Terbitnya Undang-Undang nomor 28 tahun 2009 tentang kewenangan daerah menerapkan Pajak dan Retribusi, berimbas pada pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Karimun. Sejak diterapkan UU tersebut, PAD Karimun dari sektor pajak hotel dan restoran meningkat seratus persen. ”Tahun 2009 lalu, pajak hotel dan restoran hanya menghasilkan Rp1 miliar. Tapi untuk tahun 2010, sudah mencapai Rp2 miliar,” tutur Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Karimun, H TS Arief Fadillah MSi, Senin (16/8) lalu.

Lanjut Arief, beberapa bidang yang cukup potensial dalam  meningkatkan pajak daerah yakni dari pengelolaan air bawah tanah sekitar 5 persen dan pengelolaan katering atau usaha makanan sekitar 10 persen. ”Untuk bidang hotel dan restoran selama ini juga telah banyak memberikan kontribusi terhadap peningkatan PAD Karimun. Jika tahun lalu penerimaan PAD dari  hotel dan restauran bisa mencapai Rp1 miliar, maka tahun ini bisa mencapai Rp2 miliar,” jelasnya.

Dikatakan Arief, terkait dengan pelaksanaan Undang-undang Nomor 28 tahun 2009 itu pula Dispenda Karimun saat ini secara gencar melakukan sosialisasi kepada para pengusaha. Tujuan tidak lain bagaimana pengusaha sadar untuk membayar pajak.

”Di samping itu petugas kita juga langsung melakukan monitor ke lapangan  untuk mengecek permasalahan yang terjadi dengan pembayaran pajak oleh pengusaha. Dengan turun langsung kita tentunya dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi,” tegasnya.

Ditambahkan Arief, para pengusaha bisa langsung membayar pajak retribusi ke Kantor Dispenda atau bisa juga lewat rekening yang telah disediakan. Semua pajak yang dibayar masyarakat tentunya untuk pembangunan Karimun yang lebih maju. ***

Sumber : batampos.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: