Penggelap Pajak Diburu Lewat Google Earth

Tuesday, 03 August 2010
VIVAnews – Ternyata, aplikasi peta satelit Google Earth tak cuma bisa menjadi perangkat yang berguna bagi para maling untuk mengincar barang-barang yang digasaknya.

Baru-baru ini pemerintah Yunani menggunakan aplikasi besutan Google itu untuk memburu para penggelap pajak.

Menurut situs berita Der Spiegel, tim pembasmi kejahatan keuangan Yunani, SDOE, mengincar para penggelap pajak di negaranya dengan berbagai taktik, termasuk menggunakan Google Earth.

SDOE sendiri dibentuk sejak Desember lalu oleh pemerintah Yunani yang sedang getol-getolnya memerangi para penggelap pajak. Para penyelidik pajak melakukan pendataan properti seperti rumah-rumah villa di pinggiran kota, kolam renang, dan berbagai properti lain, menggunakan Google Earth.

Ternyata, cara ini sangat efektif untuk memetakan properti milikwarga, yang tidak dilaporkan kepada negara. “Kami akan membuat para penggelap pajak semakin sulit untuk berbuat curang. Tak cuma ‘ikan kecil’, tapi kami akan memastikan ikan-ikan besar juga masuk ke dalam jaring,” ujar Ioannis Kapeleris, pria 50 tahun yang mengepalai SDOE.

Hasilnya ternyata cukup mengejutkan. Dari sebelumnya hanya 324 kolam renang yang dilaporkan di daerah pinggiran, ternyata tim Kapeleris berhasil mendata sekitar 16.974 kolam renang.

Barangkali, cara ini juga bisa ditiru untuk memburu harta-harta gelap para pejabat korup dan penggelap pajak di Indonesia. (hs)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: