Tunggak Pajak Lebih Rp12 Miliar

E-mail
Batam Pos, Selasa, 27 Juli 2010 07:57
Panitia Khusus (Pansus) tambang DPRD Kota menemukan adanya pengusaha tambang yang melakukan aktivitas di wilayah kota, menunggak pajak ke Pemko Tanjungpinang lebih Rp12 miliar. Beberapa perusahaan yang menunggak ini, ada yang telah menghentikan aktivitas.

‘’Ada tujuh perusahaan yang tidak aktif lagi. Pajak mereka menunggak ke Pemko. Kita telah minta ke Dinas Pertambangan dan SDA Kota agar segera menyerahkan data lengkap berapa yang menunggak. Jawaban SDA, dalam waktu dekat akan diserahkan,’’kata Wakil Ketua Pansus tambang DPRD Tanjungpinang Azhar, kemarin (26/7).

Besarnya jumlah tunggakan perusahaan tambang ini, menimbulkan tanda tanya pansus. Pasalnya, tak seharusnya hal ini terjadi. Mengingat, sebelum pengusaha diberikan izin, pengusaha diharuskan deposit. ”Kok bisa menunggak? Kita akan panggil Kadis SDA, mengapa hal ini bisa terjadi. Parah lagi, tunggakan pengusaha tambang ini sejak tahun 2005 lalu. Kita sangat sesalkan mengapa hal ini bisa terjadi,’’kata Azhar.

Memasuki bulan ketiga kerja pansus, lanjutnya baru dua lokasi aktifitas tambang yang dikunjungi. Hasil kunjungan, ada aktivitas melenceng dari izin yang dikeluarkan. Salah satu, terpisah-pisahnya lokasi aktivitas. ”Terpisah-pisah ini akibat keberadaan hutan bakau. Kita telah minta ke Pemko agar tak seorang pun pengusaha melakukan pengrusakan terhadap hutan bakau ini,’’tuturnya.

Azhar menambahkan, masih ada tiga lokasi tambang yang akan dikunjungi pansus. Idealnya, seluruh lokasi telah rampung dikunjungi, namun karena kesibukan tugas lainnya, maka pansus masih menyisakan tiga lokasi lagi.

Saat meninjau ke lokasi, pansus menanyakan dokumen perizinan, Amdal, dan akibat aktifitas tambang. Belajar dari pengalaman selama ini katanya, paska tambang, kalangan pengusaha tak melakukan penghijauan.  ”Kita temukan, tujuh perusahaan yang tak aktif lagi, ada yang tak melakukan penghijauan, paska mereka menghentikan aktifitas,’’tukasnya. ***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: