Pemilik NPWP terus bertambah Ekstensifikasi pajak ditargetkan raih Rp2,3 triliun

Harian Bisnis Indonesia, 7 Mei 2010Ekstensifikasi pajak ditargetkan raih Rp2,3 triliun

JAKARTA: Jumlah wa­jib pajak yang memiliki no­mor pokok wajib pa­jak (NPWP) hingga kuartal I/2010 mencapai 17,16 juta, naik 7,86% dibandingkan de­ngan 15,91 ju­ta per akhir tahun lalu.

Direktur Ekstensifikasi dan Pe­nilaian Direktorat Jenderal Pajak Hartoyo mengatakan penambah­an jumlah NPWP tersebut ber­asal dari wajib pajak orang pri­badi, wa­jib pajak badan, dan bendaha­rawan.

“Sampai dengan kuartal I/2010, jumlah NPWP orang pri­ba­­di 15,07 juta, NPWP bendaha­ra­wan 447.000, dan NPWP badan hu­kum 1,63 juta. Ja­di totalnya 17,16 ju­ta,” katanya ke­­pa­da Bisnis, kemarin.

Dia menyebut­kan pada tahun ini Ditjen Pajak me­nargetkan pe­nam­bahan wajib pajak minimal 2 juta atau 14% dari jumlah NPWP pada awal 2010. “Program eks­tensifikasi kami lakukan di se­mua jalur, properti, karyawan, dan pro­fesional base,” jelasnya.

Merujuk data Ditjen Pajak, jumlah wajib pajak terdaftar ba­ru se­lama 5 tahun terakhir me­ning­kat signifikan dari 4,35 juta pada 2005 menjadi 4,80 juta pa­da 2006, dan 7,13 juta pada 2007. Jumlah wajib pajak terdaftar itu lalu naik menjadi 10,68 ju­ta pada 2008 dan 15,91 juta pada 2009.

Direktur Jen­deral Pajak Mo­cha­­mad Tji­p­tar­djo, dalam ja­wab­an tertulisnya kepada Ko­mi­si XI DPR be­be­­­rapa waktu lalu, me­nye­but­kan penambahan wajib pajak pada tahun ini akan di­la­kukan de­ngan tiga pende­kat­an.

Pendekatan per­­­tama yakni pen­­dekatan ber­basis ­pemberi ker­ja dan bendaha­rawan peme­rin­tah dengan sa­sarannya adalah kar­ya­wan yang meliputi pe­me­gang sa­ham atau pemilik perusahaan, ko­misaris, direksi, staf, ser­ta PNS dan pejabat negara.

Selanjutnya pendekatan berbasis properti dengan sasarannya adalah orang pribadi yang me­la­kukan kegiatan usaha atau me­miliki tempat usaha di pusat per­dagangan dan pertokoan.

Pendekatan berikutnya adalah pen­dekatan berbasis profesi de­ngan sasarannya adalah dokter, ar­tis, pengacara, notaris, akuntan, dan profesi lainnya.

Dalam anggaran pendapatan dan belanja negara perubahan (APBN-P) 2010, pemerintah me­nargetkan kontribusi program ek­stensifikasi pajak mampu me­nyum­bang penerimaan pajak sebesar Rp2,3 triliun.

Target tersebut merupakan bagian dari upaya tambahan yang harus di­la­ku­kan Ditjen Pa­jak pada tahun ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: