TARGET PENERIMAAN PAJAK BATAM 2010, RP764 MILIAR

Batam, 11/3 (ANTARA) – Pemerintah pusat menargetkan penerimaan pajak di Kota Batam sepanjang 2010 sebesar Rp764 miliar, meningkat dari realisasi tahun 2009, Rp646 miliar.

“Tiap tahun, target pajak meningkat, meskipun ada kendala,” kata Kepala Kantor Pelayanan pajak Pratama Batam, Noor Faiz, usai Pekan panutan PBB dan SPT Tahunan PPH orang Pribadi tahun 2010, penyampaian SPPT PBB sekaligus pembayaran dan pelaporan perdana Wali Kota Batam dan unsur muspida di Batam, Kamis.

Ia mengatakan, pemerintah pusat meningkatkan target penerimaan pajak setiap tahun, padahal, jenis pajak yang dipungut di Batam berkurang. Sejak pemerintah pusat memberlakukan Kawasan Perdagangan Bebas di Batam, maka Direktorat Jenderal Pajak tidak lagi menarik PPN di Batam.

UU FTZ meniadakan pungutan PPN di kawasan perdagangan bebas.

“Pada 2008, penerimaan PPN Rp120 miliar, tahun berikutnya berkurang Rp40 miliar, nanti, penerimaan PPN, bisa mencapai nol,” kata dia.

Meski begitu, ia mengatakan, aparat pajak tetap berupaya untuk mencapai target yang ditetapkan pemerintah pusat.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Direktoral Jenderal Pajak (DJP) Riau dan Kepri, Nirwan Tjipto, mengatakan, pemerintah pusat menetapkan target penerimaan pajak dari Provinsi Riau dan Kepulauan Riau (Kepri) tahun 2010 Rp13,8 triliun, naik sekitar 21 persen dari realisasi tahun 2009.

Menurutnya, target penerimaan negara dari kedua provinsi yang dipisah sembilan tahun lalu itu dinilai realistis.

Dengan jumlah penduduk sekitar 5,4 juta jiwa yang sebagian besar hidup dari sektor perkebunan kelapa sawit dan bekerja pada ladang minyak dan gas, maka DJP Riau dan Kepri optimistis terget itu bisa dicapai.

Pada tahun 2009 realisasi penerimaan pajak DJP Riau dan Kepri sekitar Rp11,8 triliun atau 97,5 persen dari target yang ditetapkan dan sekitar Rp9 triliun dari realisasi itu disumbangkan oleh Provinsi Riau. (T.Y011/B/M012/M012) 11-03-2010 19:11:26

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: