Belanja Rp5 Juta, Turis Bebas Pajak

batamcyberzone.com

Belanja Rp5 Juta, Turis Bebas Pajak thumbnail

Jakarta (BCZ) Satu April menjadi hari penting dalam sektor perpajakan di tanah air. Selain mulai berlakunya Undang-Undang Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan Barang Mewah (UU PPN dan PPnBM), Satu April juga menjadi awal berlakunya kebijakan pengembalian uang pajak atau tax refund untuk turis asing.

Dirjen Pajak Mochamad Tjiptardjo mengatakan, kebijakan tax refund diberlakukan kepada turis asing yang membeli barang kena pajak untuk kemudian dibawa keluar daerah pabean Indonesia.

“Tax refund ini dimaksudkan untuk memajukan pertumbuhan perdagangan dalam negeri dan menarik lebih banyak wisatawan,” ujarnya.

Fasilitas pengembalian pajak, pada prinsipnya diberikan kepada turis asing yang berbelanja di toko-toko bertanda khusus “VAT REFUND FOR TOURISTS”, artinya pengembalian value added tax atau PPN untuk turis.

“Syaratnya, jumlah pembelian dalam satu struk belanja minimal Rp 5 juta dengan nilai PPN minimal Rp 500 ribu,” katanya.

Direktur Peraturan Perpajakan I DItjen Pajak Catur Rini menambahkan, saat ini baru ada 8 toko yang bisa menyediakan fasilitas ini. Delapan toko tersebut masing-masing berada di Jakarta sebanyak 5 toko dan Bali 3 toko.

Di Jakarta, toko yang menyediakan fasilitas ini adalah Pasaraya Blok M, Sarinah, Metro Pondok Indah Mall, Metro Plaza Senayan, dan Terminal 2D di Bandara Soekarno Hatta. Sementara toko yang berada di Bali adalah Batik Keris Discovery Shopping Mall, UC Silcer Batubulan Gianyar dan Mayang Bali Kuta Square Blok A.

Catur mengatakan, saat ini, pelaksanaan fasilitas tersebut baru dalam tahap percobaan. Sebab, untuk menambah jumlah toko yang bisa memberikan tax refund, Ditjen Pajak harus memastikan toko tersebut memiliki jaringan sistem informasi online ke kantor pajak dan konter tax refund di bandara.

“Tapi, secara bertahap, kami akan menggandeng toko-toko yang ingin mendaftar untuk fasilitas ini,” terangnya.

Mekanisme pengembalian uang yakni bila nilai tax refund atau pajak yang dikembalikan dibawah Rp 5 juta, maka akan diberikan secara tunai di konter VAT Refund di Bandara Ngurah Rai Denpasar dan satu konter lagi yang tengah disiapkan di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta.

“Tapi bila nilai tax refund lebih dari itu (Rp 5 juta, Red), maka akan ditransfer melalui rekening masing-masing turis,” ujarnya. (jpnn)

Dipublikasikan: jimmy

Published: 3 April, 2010 | 08:51

commentComment Email This Post Email This Post Print This Post Print This Post

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: