Gayus Dibasmi, Pendapatan Pajak Naik Rp50 T

Vivanews.com, 9 April 2010

Ketua Badan Anggaran DPR Harry Azhar Aziz meyakini penerimaan negara dari sektor pajak bisa naik Rp 25 – 50 triliun kalau seandainya mafia pajak seperti Gayus H Tambunan hilang dari Kantor Pajak. Peningkatan itu dengan asumsi jumlah mafia pajak seperti Gayus berjumlah 10 persen dari total pegawai.
“Saya asumsikan dengan 10 persen dari total pegawai, penerimaan negara bisa naik Rp 50 triliun,” ujar Harry di DPR, Jakarta, Jumat 9 April 2010.

DPR sangat berharap kasus Gayus bisa membongkar mafia pajak keseluruhan. Badan Anggaran, kata dia, sampai sekarang belum pernah menghitung berapa kerugian yang diderita akibat mafia pajak.

Namun seandainya benar asumsi Komisi Keuangan DPR yang memperkirakan sampai Rp 200 triliun hilang, tentu saja itu akan membawa berkah untuk negara Indonesia.

“Kita akan lakukan penyesuaian dan respon pemerintah karenanya saya minta pemerintah jujur, kalau ada kelemahan, kita bisa perkuat,” katanya.

Harry juga belum bisa memastikan apakah dengan hilangnya ‘Gayus’ rasio pajak Indonesia bisa meningkat sampai 16 persen. Tapi, kata dia, posisi Produk Domestik Bruto (PDB) yang terus meningkat membuat angka rasio pajak terus menurun.

“Dengan RAPBN P, tax ratio sekarang 11,7 jadi kalau untuk naik ke 16, saya belum (terasa berat),” katanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: