Ditjen Pajak Tindak Pegawai Yang Nyambi Jadi Konsultan Pajak

Tuesday, 30 March 2010

Detik Finance, 30 Maret 2010
Jakarta – Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak dengan tegas melarang pegawainya menyambi atau merangkap jabatan sebagai konsultan pajak di luar tugasnya sebagai pegawai pajak. Tindakan tegas siap diberikan bagi pegawai pajak yang ketahuan berprofesi sebagai konsultan pajak.

“Tentu tidak boleh itu melanggar aturan kepegawaian,” tegas Dirjen Pajak Mohamad Tjiptardjo saat dihubungi detikFinance, Selasa (30/3/2010).

Sementara itu Ketua Dewan Kehormatan Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) Christian Binsar Marpaung mengatakan berdasarkan AD/ART IKPI bagi pegawai pajak aktif  tidak diperkenankan masuk sebagai konsultan pajak. Sedangkan bagi pensiunan pegawai pajak boleh menjadi konsultan pajak atau masuk keanggotaan IKPI.

“Yang pegawai pajak aktif menjadi konsultan pajak, itu melanggar rangkap jabatan, itu secara kode etik nggak boleh. Itu conflict of interest,” kata Binsar.

Ia menjelaskan biasanya pensiunan pajak golongan tertentu akan mendapat kesempatan menjadi konsultan pajak dengan mendapat piagam kesetaraan atau brevet dari Dirjen Pajak untuk menjadi konsultan.

“Hanya golongan tertentu saja boleh. Kalau yang swasta itu harus lewat ujian sertifikasi konsultan pajak,” katanya.

Sementara Ketua Umum IKPI Sukiatto Oyong mengakui tidak menutup kemungkinan ada pegawai pajak aktif yang menyambi sebagai konsultan pajak.

“Kalau pun ada susah diketahui, tapi tak menutup kemungkinan ada,” kata Oyong.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: