Baru 18 Persen Wajib Pajak Sampaikan SPT

Thursday, 25 March 2010

Suara Merdeka, 25 Maret 2010
SEMARANG-Menjelang batas akhir penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan wajib pajak orang pribadi pada 31 Maret, baru 58.153 wajib pajak yang melaporkan SPT per 22 Maret lalu.

Jumlah tersebut baru 18,24% dari total wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jateng I sebanyak 318.739 orang.

Kepala Kanwil DJP Jateng I Suryo Utomo mengungkapkan jumlah itu diperkirakan akan terus bertambah menjelang batas akhir penyampaian.

Para wajib pajak khususnya orang pribadi diharapkan memenuhi kewajiban melaporkan SPT Tahunan di berbagai tempat yang sudah disediakan.

Tidak hanya di kantor-kantor pajak, tetapi juga bisa lewat drop box pojok pajak yang ada di sejumlah pusat perbelanjaan.

Di Semarang, drop box tersedia di tiga mal, yakni DP Mall, Mal Ciputra, dan Java Supermall.

”Memang biasanya wajib pajak lebih suka melaporkan menjelang batas akhir yang ditentukan, padahal jika sedari awal disampaikan, tidak perlu antre,” ujar Suryo setelah Sosialisasi UU tentang PPN dan PPnBM di Hotel Grand Candi Semarang, kemarin.

Selain wajib pajak orang pribadi, ada wajib pajak badan, tetapi karena batas waktunya masih akhir April nanti belum banyak yang melaporkan. Berdasarkan data DJP Jateng I, SPT Tahunan Badan yang dilaporkan baru 2.297 SPT dari total 49.447 yang terdaftar atau baru 4,65%.

Secara keseluruhan, lanjut dia, realisasi penerimaan pajak Kanwil DJP Jateng I tahun 2010 sampai 23 Maret baru Rp 1,27 triliun atau 14,41% dari target Rp 8,81 triliun.

Menilik realisasi tahun lalu, pencapaian tahun ini lebih rendah karena sampai akhir Maret 2009 bisa tercapai Rp 1,4 triliun.

”Masih ada sisa waktu sekitar satu minggu. Mudah-mudahan bisa melampaui tahun lalu dan jumlah SPT yang dilaporkan juga terus meningkat,” paparnya.

Dari total realisasi tersebut, kata Suryo, jumlah terbanyak masih PPh sebesar Rp 702,7 miliar, PPN dan PPnBM Rp 504,9 miliar, dan pajak lainnya Rp 26,8 miliar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: