Sri Mulyani Terus Gencarkan Budaya SPT

OkeZone.com, 17 Maret 2010
JAKARTA – Surat pemberitahuan (SPT) pajak orang pribadi seperti PPh menjadi suatu bagian penting demi menyelenggarakan konstitusi berbangsa.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani saat penyampaian surat pemberitahuan (SPT) Tahunan PPh Orang Pribadi Tahun Pajak 2009 di Kantor Ditjen Pajak, Jalan Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (17/3/2010).

Diceritakannya, sesuai UU Perpajakan, orang yang memiliki penghasilan di atas jumlah tertentu diwajibkan punya NPWP dan menyampaikan surat penyampaian tahunan.

“Syarat minimal atau melaporkan obyek pajak, harta dan kewajiban sesuai ketentuan UU pajak yang berfungsi untuk melaporkan pembayaran pajak yang telah dilakukan,” katanya.

Seperti diketahui, sejak 2004, Menkeu telah merintis program reformasi birokarasi. Pada 2007 secara resmi dicanangkan sebagai program prioritas nasional, yang mencakup reformasi, penataan, perbaikan prosedur, termasuk perbaikan kinerja.

“Ditjen pajak telah melaksanakan reformasi tahap I. Pada 2008, dimulai pada 2007. Saat ini tahun 2008, kantor pelayanan pajak di Ditjen Pajak telah melaksanakan sistem perpajakan,” paparnya.

Menurutnya, penerimaan negara tercatat meningkat sangat pesat sebesar Rp208 triliun pada 2008 menjadi Rp658,7 triliun pada akhir 2009. Perbaikan tata kelola dan pemberantasan korupsi telah menyebabkan membaiknya iklim investasi dan menurunnya korpusi di Indonesia.

Kemudian, pada 2008 Ditjen Pajak memasuki reformasi tahap kedua. Di mana pengembangan kompetensi dan SDM yang berkualitas, dan perbaikan IT, pengembangan database perpajakan, menghindari penghindaran perpajakan, hingga kejahatan perpajakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: