Kesadaran Penyampaian SPT Perlu Diikuti Kualitas Pengisian

Suara Merdeka, 10 Maret 2010
PATI-Pejabat pemkab mengisi dan menyerahkan Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan (SPT Tahunan PPh) ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Pati, kemarin.

Kepala KPP Dwi Joko Kristanto mengatakan penyampaian SPT Tahunan merupakan puncak pemenuhan kewajiban perpajakan bagi wajib pajak. Teladan para pejabat diharapkan diikuti oleh para wajib pajak.

Di antara pejabat yang mengikuti acara itu adalah Bupati Tasiman, Dandim 0718 Letkol ARM Sutriyono, Ketua Pengadilan Negeri Farid Fauzi SH, dan Wakil Ketua DPRD Sutrisno ST.

Peningkatan kesadaran penyampaian SPT Tahunan secara tepat waktu, kata Dwi, perlu diikuti peningkatan kualitas pengisian SPT yang benar, lengkap, dan jelas. Selain itu, harus ditandatangani agar akurasi dan kebenaran SPT makin baik dan dapat dipertanggungjawabkan.
Harus Benar ”Jika kesadaran dan akurasi pengisian SPT Tahunan makin baik, seluruh potensi perpajakan akan tergali sempurna,” tandasnya.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jateng I Suryo Utomo mengingatkan agar wajib pajak melaporkan SPT Tahunan secara rutin dan memerhatikan aspek isi.

”Laporan SPT harus benar, yakni bersifat formal atau rutin, dan isinya sesuai dengan sumber yang dilaporkan. SPT juga harus ditandatangani yang berarti wajib pajak bertanggung jawab atas segala yang dilaporkan,” jelasnya.

Bupati Tasiman menyambut baik acara tersebut dan siap menjadi anutan warganya untuk taat membayar pajak. Dia berharap masyarakat bersama-sama membangun semangat tertib dan taat pajak dengan mendaftarkan diri untuk mendapatkan NPWP.

Di pengujung acara, KPP Pratama Pati menganugerahkan penghargaan kepada bupati sebagai anutan masyarakat, serta beberapa wajib pajak badan yang telah berperan serta dalam penyampaian SPT Tahunan karyawan secara massal. Mereka antara lain PT Garuda Putra Putri Jaya, PT Dua Kelinci, PT Laju Perdana Indah, dan PT Keluarga Sehat Hospital.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: