Sosialisasi SPT pajak kurang diminati

PDF Print E-mail
Tuesday, 02 March 2010
Bisnis.com, 2 Maret 2010
JAKARTA (Bisnis.com): Menjelang batas akhir penyampaian surat pemberitahuan (SPT) tahunan PPh Orang Pribadi, Direktorat Jenderal Pajak semakin gencar menggelar sosialisasi penyampaian SPT ke sejumlah instansi pemerintah.

Hari ini, tim dari Direktorat Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Ditjen Pajak menggelar sosialisasi di Kantor Kementerian PPN/Bappenas. Sebelumnya, tim P2 Humas Ditjen Pajak juga telah menggelar sosialisasi a.l. di Kementerian Keuangan, Kementerian Koordinator Polhukam, Kementerian Pemberdayaan Perempuan, Kementerian Hukum dan HAM, dan Mabes Angkatan Darat.

Berdasarkan pengamatan Bisnis.com, sosialisasi yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB itu diikuti sekitar 230 pegawai Kementerian PPN/Bappenas. Namun, jumlah tersebut tidak bertahan hingga penghujung acara. Pasalnya, mereka satu persatu meninggalkan ruangan acara sehingga hanya tersisa sekitar 10 orang di akhir acara.

“Tadi sih banyak yang hadir, tapi sekarang tinggal sedikit karena banyak yang keluar,” ujar salah seorang petugas dari Ditjen Pajak.

Perlu diketahui bila batas akhir penyampaian SPT PPh Orang Pribadi untuk tahun pajak 2009 akan berakhir pada 31 Maret 2010. Sedangkan untuk penyampaian SPT PPh badan akan berakhir pada 30 April 2010.

Data terakhir Ditjen Pajak menyebutkan rasio kepatuhan penyampaian SPT PPh sampai dengan 30 November 2009 meningkat sangat pesat yakni telah mencapai 50,94% atau 5,94% di atas target yang telah ditetapkan sebesar 45%.

Kenaikan terutama dimulai dengan adanya sunset policy yang pada tahun-tahun sebelumnya biasanya rasio kepatuhan penyampaian SPT PPh hanya berkisar antara 35%40%.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: