Tarik pajak tak hanya bertumpu WP kelas kakap

Bisnis.com, 2 Februari 2010
JAKARTA (bisnis.com): Pemerintah membantah jika selama ini penerimaan pajak masih bertumpu pada pembayaran pajak dari WP kelas kakap.

Menkeu Sri Mulyani Indrawati mengatakan dalam sistem self assesment pemeriksaan pajak dilakukan untuk menguji kepatuhan pemenuhan kewajiban perpajakan WP badan dan WP orang pribadi terutama terhadap WP yang terdapat data yang belum dilaporkan dalam SPT.

“Sehingga penggalian potensi dengan pemeriksaan tidak hanya dilakukan terhadap WP kelas kakap saja,” katanya saat membacakan jawaban pemerintah terhadap pandangan umum Fraksi-fraksi DPR tentang RUU Pertanggungjawaban Atas Pelaksanaa APBN 2008 hari ini.

Pernyataan Menkeu tersebut menjawab pandangan dari Fraksi PPP yang menilai penarikan pajak saat ini masih bertumpu pada WP kelas kakap namun kurang memperluas basis pajak baru.

Menurut Sri Mulyani, kenaikan penerimaan pajak pada 2008 yang tercatat surplus sebesar Rp31,7 triliun dari target APBNP 2008 justru disebabkan adanya perluasan basis pajak. “Selain juga karena kenaikan harga komoditas yang booming seperti kelapa sawit, batubara, dan sebagainya,” jelasnya.

Dia menuturkan beberapa kebijakan pemerintah di bidang pajak yang mendorong kenaikan penerimaan pajak pada 2008 a.l kebijakan sunset policy, program mapping, profile, benchmarking, dan analisa penggalian potensi, seta tindaklanjutnya.

“Pemerintah juga melakukan kegiatan law enforcement terhadap WP berupa pemeriksaan, penyidikan, dan penagihan pajak,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: